Data Info

Bidang Data dan Informasi
Terdiri dari 2 (dua) subbidang, yaitu Subbidang Pengolahan dan Subbidang Formasi Seleksi.

Subbidang Pengolahan :

Mempunyai tugas mengelola database kepegawaian dan mengolah database kepegawaian
sehingga dapat memberikan informasi kepegawaian yang tepat bagi yang berkepentingan.

Adapun layanan yang diberikan antara lain:

  1. Pembuatan Kartu Pegawai serta Kartu Istri/Suami; bekerja sama dengan pihak BKN selaku lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan Kartu Pegawai (Karpeg) dan Kartu Istri/Suami (Karis/Karsu). Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sudah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) berhak untuk mendapatkan Kartu Pegawai dan Kartu Istri/Suami (jika telah menikah). Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi:
    1. Syarat untuk Mendapatkan Kartu Pegawai (Karpeg)
      • Surat Keputusan Pengangkatan Sebagai CPNS
      • Surat Keputusan Pengangkatan Sebagai PNS
      • Pas Foto Ukuran 3x4cm sebanyak 3 lembar
    2. Syarat untuk Mendapatkan Kartu Istri/Suami
      • Surat Keputusan Pengangkatan Sebagai CPNS
      • Surat Keputusan Pengangkatan Sebagai PNS
      • Akta Perkawinan/Pernikahan
      • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Istri/Suami
      • Pas Foto (Istri/Suami) Ukuran 3x4cm sebanyak 3 lembar

    Dengan berkembangnya Teknologi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merencanakan melalui program Nasional untuk membuat Kartu Pegawai Elektronik (KPE) yang prosesnya telah berjalan sejak tahun 2007, dan Provinsi NTB telah bekerjasama dengan Pihak PT. Bank NTB untuk membuat KPE. Prosesnya telah berjalan dan sekitar 20.000 PNS Provinsi NTB (Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota) telah diambil foto dan sidik jarinya. Saat ini KPE yang telah dicetak telah berada di pihak PT. Bank NTB untuk dipersonalisasi.

  2. Informasi tentang Kepegawaian.

Informasi Kepegawaian yang secara umum dikelompokkan dalam bentuk :

    • Rekapitulasi (Data Jumlah) PNS Daerah berdasarkan Golongan, Pangkat, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Agama, Kelompok Usia, Eselonering, dll.
    • Data Nominatif (Daftar) PNS, seperti Daftar Urut Kepangkatan (DUK), Daftar Calon Kenaikan Pangkat, Daftar PNS yang telah mencapai Batas Usia Pensiun (BUP), Daftar Eselon per-SKPD, dll.
    • Data Riwayat (Biodata) PNS perorangan.

Subbiddang Formasi dan Seleksi :

Mempunyai tugas merencanakan kebutuhan Formasi, membuat usulan Formasi ke Kementerian PAN&RB, melaksanakan Tes Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Saat ini terdapat formasi Honorer Kategori I (K1) dan Kategori II (K2) yang masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini dari Kementereian PAN&RB serta dari BKN untuk proses penyelesaiannya. Sedangkan untuk Formasi Umum belum mendapat persetujuan karena harus melengkapi persyaratan-persyaratan antara lain : Perhitungan Kebutuhan Pegawai, Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja, dan Distribusi Pegawai

Comments are closed.